CABAI, HAMA LALAT BUAH

NATURAL METILAT
  • PERANGKAP LALAT BUAH
Lalat buah ( Dacus spp ). merupakan hama pada tanaman holtikultura seperti cabai merah, mangga, jambu air, jambu biji, nangka, jeruk, semangka , belimbing, apel,dll. Telur lalat buah masuk pada saat buah masih muda  maupun tua. Di dalam buah, telur berkembang menjadiulat. Ular tersebut memakan daging buah dan membuat terowongan yang pada akhirnya buah menjadi busuk.
penggunaan perangkap yang diberi NATURAL METILAT (berbahan aktif methyl eugenol ) merupakan pengendali lalat buah yang aman dan efektif yang dapat meningkatkan hasil secara kualitas, kuantitas dan kontinuitas. 

  • MEKANISME KERJA 
Aroma yang terkandung dalam METILAT ini akan berfungsi sebagai sex feromon, yaitu zat yang disekresikan  ( dikeluarkan ) oleh sejenis serangga dengan maksud untuk menarik lawan jenis. Zat inilah yang akan merangsang lalat buah jantan untuk melakuka perkawinan sehinggga lalat buah jantan aka trperangkap dalam botol air mineral ( atau tempat lain yang digunakan ) dan mati.

  • CARA PEMBUATAN PERANGKAP 
  1. Botol air mineral ( atau tempat lain yang ingin digunakan ) dipotong sepertiga bagian atas.
  2. Potongan dimasukan kembali dalam posisi terbalik.
  3. Bagian dasar botol dilubangi agar bau NATURAL MITELAT bisa keluar. Bau tersebut mengundang lalat buah untuk masuk dalam perangkap.
GAMBAR PERANGKAP

CARA PENGGUNAAN
  1. Buatlah bulatan kapas/tisue berukuran 3 cm diameter 1,5 cm
  2. Basahi kapas/tisue dengan NATURAL METILAT secukupnya
  3. Ikat kapas/tisue dengan kawat dan masukan kedalam botol.
  4. Pasang perangkap pada ranting pohon untuk tsnsmsn bush , dsn untuk tanaman seperti cabai dan semangka perangkap di pasang pada tiang bambu/kayu.
  5. Pemasangan segera dilakukan apabila tanaman sudah mulai berbunga.
  6. pergantian kapas/tisue dilakukan setiap seminggu sekali atau apabila telah kering.
  7. Dalam 1 ha diperlukan kurang lebih 50 perangkap, jepadatan perangkap tergantung populasi lalat buah yang menyerang tanaman.
CATATAN
Produk dalam kemasan sudah dapat digunakan




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CABAI, HAMA LALAT BUAH"

Posting Komentar